APA ITU BOOTING..?? Pengertian Booting pada Komputer

Pengertian Booting Pada Komputer

kali ini saya akan memberikan sedkiti rangkuman tentang apa itu booting, dan pengertian booting.
agan pasti tahu yang namanya booting itu seperti apa??
tapi alangkah lebih baik kita baca lagi untuk menambah wawasan kita.
langsung saja.

Untuk mengaktifkan komputer minimal dibutuhkan tiga komponen, yaitu hardware, software, brainware. Hardware merupakan perangkat keras yang ada pada komputer. Software adalah program yang mendukung untuk operasional hardware. Tanpa Software komputer ibarat raga tanpa nyawa. Sedangkan Brainware yaitu pengguna komputer.

Secanggih apa pun hardware dan software yang digunakan, tanpa kemampuan user yang baik, maka kemampuan komputer tersebut menjadi sia-sia. Untuk dapat mengoprasikan komputer dengan baik harus ada keseimbangan antara ketiga fakror diatas.

Langkah awal dalam mengoprasikan komputer adalah proses booting. Walaupun proses booting tidak sesederhana yang dibayangkan, tetapi sebagai gambaran global, booting adalah proses pemasukan arus listirk ke dalam peralatan komputer sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan user.

Komponen dasar berupa program yang menghubungkan pengguna dengan komputer adalah  system operation. Sistem operasi dalam bentuk disket disebut Disk Operating System (DOS) dan jika dalam bentuk tape disebut Tape Operating System (TOS).
Tahap awal proses booting yang dilakukan oleh sistem operasi adalah bootstrap loader yang bertujuan untuk melcak semua I/O yang terpasang pada komputer.

Cara booting ada dua macam:
1. Booting komputer dari keadaan mati yang dikenal dengan cold booting.
2. Dan pada saat komputer sudah hidup dikenal dengan warm booting.

Demikian rangkuman tentang APA ITU BOOTING..?? Pengertian Booting pada Komputer.
semoga bermanfaat.
kunjungi terus ditambul.blogspot.com

sumber : Teknologi informasi dan komunikasi SMA kelas x erlangga