Contoh Beberapa Media Komunikasi

Contoh Beberapa Media Komunikasi
Mau tahu apa saja sih media yang dapat dijadikan sebagai penghantar komunikasi??yuu di baca.
Media pengiriman data dapat berupa kabel, cahaya. Media kabel terdiri dari empat macam, yaitu:kabel koaksial, kabel UTP, kabel serat optik, dan udara.
Contohnya kabel koaksial untuk TV, thick koaksial dan thin koaksial.

  • Kabel thick koaksial biasanya digunakan untuk ethernet antargedung. Kabel ini dikenal juga sebagai kabel RG-8 yang memiliki daya jangkauan 500-2500 meter.
  • Kabel thin koaksial digunakan untuk jaringan antara workstation, yang dikenal juga dengan nama RG-58. Kabel ini paling banyak digunakan untuk LAN dengan topologi Bus dan topologi Ring, Daya jangkau dari kabel ini dapat mencpai 300 meter.
  • Serat Optik adalah kabel komputer yang dapat mengalirkan cahaya. Kabel ini sangat efektif, karena kecepatan transfer datanya yang sangat tinggi, faktor penghambat yang sangat rendah, dan daya jangkaunya dapat mencapai ratusan kilometer. Cara kerja serat optik ini menggunakan prinsip pemantulan sempurna cahaya dan prinsip dualisme gelombang pertikel.
  • Di Udara terdapat rarusan sampai ribuan gelombang yang begerak dengan berbagai frekuensi, salah satunya adalah gelombang elektromagnetik atau dikenal dengan nama gelombang EM. Gelombang ini terdiri dari beberapa macam, seperti gelombang radio, tv, radar dan lain-lain.
    Telepon yang menggunakan gelombang diudara adalah telepon seluler. Saat ini, terdapat banyak telepon seluler dengan menggunakan frekuensi tersendiri dengan biaya yang murah dan cepat. Kemampuannya menghantarkan data mencapai 512Mbps.

    Demikian post tentang Contoh Beberapa Media Komunikasi, semoga bermanfaat.