Cara Mengetahui Password Wi-Fi Dengan CMD

wifi hpBagi seorang hacker, cara mengetahui password wifi sangatlah mudah. Ada banyak cara yang bisa digunakan. Itu artinya, seorang hacker bisa-bisa tidak lagi butuh beli kuota internet atau pasang wifi sendiri. Ia tinggal cari saja wifi di tempat umum, lalu bobol passwordnya. Apalagi memang saat ini banyak sekali telah tersedia wifi-wifi ditempat umum.  Dan sangat disayangkan sekali kalau kamu tidak ikut memanfaatkanya.

Apakah kalau ingin bobol password wifi harus jadi hacker handal dulu? tenang saja sobat, tidak harus. Kamu harus tahu, bahwa wifi itu adalah teknologi masa kini yang memanfaatkan keberadaan peralatan elektronik sebagai bahan untuk bertukar data secara nirkabel (tanpa kabel). Ia memanfaatkan keberadaan gelombang radio melalui peralatan tertentu dalam jaringan komputer. Termasuk pula di dalamnya adalah koneksi internet dengan kecepatan tinggi.

Dengan memanfaatkan wifi, kita dapat mengakses internet dengan kecepatan tinggi. umumnya lebih cepat ketimbang menggunakan data internet pada ponsel. Akses internet dengan wifi juga jauh lebih mudah.

Cara mengetahui Password Wifi di Tempat Umum

Sebagai jaringan yang terpasang secara nirkabel, wifi umumnya ditempatkan di temat umum. Seperti di sekolahan, di universitas, di tempat ngopi, kafe, hotel, bandara dan lain sebagainya. Keberadaanya biasanya digunakan sebagai bagian dari fasilitas umum untuk para pengunjung. Meski demikian, bukan berarti wifi tersebut tidak diberi pengaman alias password.

Kebanyakan wifi yang ditempatkan ditempat-tempat tersebut malah umumnya diberi password. Hal ini untuk menjaga keamanan wifi sekaligus agar yang bisa mengakses adalah pilah dalam atau orang yang telah mendapatkan ijin. Kita sebagai pengunjung tempat tersebut, bisa mengakses dengan bertanya pada pemilik. Namun, ketika kita malas untuk bertanya, atau tak ingin bertanya, atau bukan pengunjung, kita dapat mengakses wifi tersebut. Yakni dengan cara mengetahui password Wi-Fi tersebut melalui CMD.

Cara mengetahui password WiFi melalui CMD tidaklah mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini secara berurutan. Apalagi CMD tidak perlu ditambahkan ke komputer. Setiap komputer sudah dilengkapi dan dibekali dengan software CMD di dalamnya. Ada banyak fungsi yang bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan software CMD. Salah satunya adalah untuk mengetahui password wifi yang ada di tempat umum. Berikut cara yang bisa kamu aplikasikan.

  1. Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah buka software CMD. Tapi aplikasi ini tidak bisa langsung kamu buka, kamu harus buka terlebih dahulu aplikasi Run. Caranya: klik logo start pada keyboard komputer kamu, lalu silakan search aplikasi bernama Run, kemudian buka. Kamu juga bisa melakukanya dengan menekan Window+R pada keyboard komputer kamu. (logo start > Run).
  2. Kalau Run sudah terbuka, ketik kata CMD pada aplikasi Run lalu klik OK. Kamu bakal lihat, CMD sudah terbuka. (Run > CMD).
  3. Selanjutnya ketik kata netsh wlan show profiles pada CMD komputer kamu, lalu enter. (netsh wlan show profiles > Enter). Silakan lihat apa yang terjadi, seharusnya kamu bakal melihat daftar Wi-Fi yang bisa kamu cari tahu password-nya. Silakan kamu pilih yang kira-kira memiliki kecepatan paling kencang.
  4. Kalau sudah kamu tentukan mana wifi yang ingin kamu pilih, selanjutnya ketik netsh wlan show profiles [nama Wi-Fi pilihan kamu] key=clear.
  5. Selesai. kamu bakal menerima tampilan nama wifi beserta passwordnya. Silakan gunakan dengan bijak.