Mengenal Jenis Kualitas Besi Beton

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya, Anda bisa menemui bangunan-bangunan yang menjulang tinggi dengan mudah. Akan tetapi perlu Anda ketahui kalau bangunan-bangunan tinggi itu memerlukan bahan besi beton. Bahan bangunan ini adalah besi yang digunakan untuk penulangan pada konstruksi beton atau yang lebih dikenal dengan sebutan beton bertulang. Dalam proses pembangunan sebuah gedung, besi beton dilapisi dengan beton cor sampai menjadi sebuah plat beton, kolom, dan balok serta merupakan satu kesatuan yang mampu menopang (menahan) beban.

Di Indonesia, besi beton banyak digunakan dalam membangun gedung-gedung. Pasalnya material ini lebih gampang diperoleh dibandingkan dengan konstruksi lainnya dan harga besi beton tidak terlalu mahal sehingga dianggap lebih ekonomis. Besi beton pun dapat dibilang merupakan salah satu bahan bangunan yang penting sekali. Pasalnya besi beton dipergunakan dalam beragam bentuk untuk nyaris semua konstruksi, baik kecil maupun besar. Besi beton memiliki banyak keunggulan, seperti memiliki usia yang panjang, tidak memerlukan biaya perawatan yang tinggi, sangat kokoh, dan lain sebagainya.

Besi beton adalah salah satu unsur vital yang digunakan dalam bidang bangunan. Besi beton terbagi atas 2 macam, yaitu besi beton ulir dan polos. Besi beton ulir ditandai dengan seluruh permukaan besinya memiliki struktur. Sedangkan besi beton polos ditandai dengan seluruh permukaan besinya memiliki tekstur polos. Di Indonesia panjang besi beton tersebut mencapai hingga 12 meter karena disesuaikan dengan peraturan SNI (Standar Nasional Indonesia) dan PBI (Peraturan Beton Bertulang Indonesia). Diameter besi beton cukup beragam, yaitu 6 mm, 8 mm, 10 mm sampai 50 mm. Namun untuk besi beton polos tidak memiliki yang berdiameter 36 mm, 40 mm dan 50 mm.

Anda tidak boleh sembarangan saat membeli besi beton di toko bahan bangunan. Konsumen dianjurkan untuk memilih dengan teliti supaya tidak terkena tipu. Kecuali itu janganlah lupa untuk memeriksa besi beton yang dibeli itu apakah telah memiliki label SNI ataukah tidak. Besi Beton yang telah berlabel SNI adalah besi beton yang sudah mempunyai standar kekuatan tertentu, seperti BJTP 24 (besi beton polos dan BJTS 35 (besi beton ulir), supaya kuat untuk dipergunakan dalam membangun suatu bangunan. Beberapa macam besi beton yang telah tersedia di pasaran, yakni IKS, KSSK, AIS, KSTY, KS (Krakatau Steel) dan Cakra Steel.