Model Batik Paling Popular di Indonesia

Batik sebagain besar berasal dari berbagai wilayah di pulau jawa, namun ada beberapa juga batik yang berasal dari daerah di luar pulau jawa. Begitu banyaknya batik yang beredar di seluruh Indonesia, maka tidak jarang terjadi persaingan ketat untuk menjadi batik yang memiliki kualitas baik dan pelanggan yang banyak.

Dari berbagai macam jenis dan motif yang ada, maka berikut ini ada daftar jenis batik terbaik Indonesia menurut pendapat saya. Batik merupakan salah satu produk seni kebanggagan Indonesia yang berasil menembus pasar dunia dengan diakuinya sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Beberapa Daftar Batik Terbaik Indonesia Yang Paling Popular Dan Banyak Di gunakan, berikut listnya.

1). Batik Motif Mega Mendung Dari Cirebon

Motif mega mendung memberikan kesan mewah walaupun dari bentuk dan tampilan motifnya relatif sederhana dan simple. Mega mendung sindiri merupakan gambaran bentuk mendung atau awan. Motif mega mendung cocok dipakai oleh segala jenis umur.

2). Batik Motif Sogan Dari Solo

Batik dari solo ini dikenal sebagai batik sogan. Dimana menjadi salah satu batik yang pertama lahir karena dari zaman nenek moyang kita, batik slogan ini sudah ada. Motif yang dipenuhi warna coklat menjadi ciri khasnya. Motifnya banyak berbentuk unsur fauna seperti tumbuhan.

3). Batik Motif Tujuh Rupa Dari Pekalongan

Pekalongan memiliki julukan kota batik. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Di pekalongan banyak sekali sentra produksi batik yang memiliki kualitas bagus dan motif yang menarik, sehingga tidak salah pekalongan dijadikan ikon kota batik. Salah satu motif batik yang terkenal di pekalongan adalah motif tujuh rupa dimana motif tersebut sangat kental dengan nuansa yang begitu alami. Percampuran motif fauna dan flora menghasilkan motif yang sungguh menawan. Beberapa diantarnya batik pekalongan juga menggunakan motif yang diambil dari berbagai macam kebudayaan yang ada di pekalongan saat dulu seperti kebudayaan lokal dan etnis tiongkok. Hal tersebut terjadi karena dulunya pekalongan menjadi kota perdagangan.

Selain ketiga motif diatas masih ada beberapa motif batik terbaik Indonesia yang lain seperti motif batik gentongan dari Madura, motif batik kraton dari Yogyakarta, motif batik simbuat dari banten dan masih banyak lagi yang lainnya. Mungkin cukup sekian artikel mengenai beberapa daftar batik terbaik Indonesia yang paling popular dan banyak digunakan.