Cara Menghindari Resiko Usaha Sewa Truk Engkel


Dalam usaha atau bisnis sewa truk engkel, tentunya resiko juga bisa muncul dan bisa juga menghampiri Anda . resiko tersebut seperti adanya pencurian oleh oknum penyewa yang tidak tanggung jawab. Terkadang juga ada yang memanfaatkan truk sewaan sebagai alat untuk kejahatan. Hal tersebut akan berimbas terhadap kita sebagai penyedia jasa sewa yang tidak tahu apa-apa. Hal tersebut tentunya membuat kita sebagai penyedia jasa akan pusing dan menelan kerugian.

Kita sebagai penyedia Jasa sewa truk engkel harus segera mencegah hal tersebut dengan cara melakukan hal hal seperti dibawah ini.

  1. Menambah alat pelacak di mobil

membuat sistem keamana pada truk yang disewakan. Caranya yaitu dengan memasang alat pelacak yang disembunyikan di bagian tersembunyi pada truk. Cara ini memang terbilang mahal, tetapi terbukti mampu menanggulangi kasus pencurian. Hal ini dikarenaka kita bisa memantau kemana laju truk kita dibawa oleh penyewa. sehingga ketika kita mengetahui bahwa truk anda tidak dikembalikan kita bisa mengetahui dimana posisinya dan segera melaporkan ke kantor kepolisian.

  1. Memperketat persyaratan penyewaan truk

Umumnya usaha persewaan truk engkel yang tidak mensyaratkan apapun pada pihak penyewa akan membuat resiko yang besar. Untuk itu Anda wajib memberlakukan persyaratan yang lengkap dan tidak melakukan penyewaan berdasarkan kepercayaan pribadi. Salah satu caranya yaitu penyewa harus melampirkan beberapa dokumen asli dan poto kopi dari KTP maupun SIM dari penyewa yang bersangkutan.

  1. Menilai calon peminjam

Anda jangan ragu untuk menilai perilaku maupun sikap dari peminjam. Hal ini untuk menanggulangi dan menghindari penyalahgunaan dari peminjam yang jahat. Selain itu dengan hal tersebut Anda juga berhak menanyakan keperluan peminjaman truk Anda.

  1. Administrasi rapi

Dengan dokumentasi yang rapi merupakan wujud dari kerja cerdas anda dalam bisnis ini. Anda dapat dengan mudah mengetahui dokumen penyewa dan segala berkas lainya untuk keperluan pertanggungjawaban.

Demikian ulasan tentang cara menanggulangi resiko usaha sewa truk engkel yang dapat digunakan sebagai jasa pindahan rumah baru. Dengan melakukan 4 cara tersebut, tentunya dapat memaksimalkan dan meminimalisir resiko penyalah gunaan truk anda. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan para pebisnis transportasi.