Jenis Pemeliharaan dan Service Panel Listrik yang Harus Dilakukan Agar Bekerja dengan Optimal

 Panel listrik adalah tempat untuk pengaturan pembagi ataupun pemutus aliran listrik. Untuk bisa mengendalikan panel listrik, terdapat panel kontrol listrik. Panel listrik bisa dikontrol dengan cara manual ataupun secara otomatis. Agar panel listrik tersebut bisa digunakan dan bekerja secara optimal maka butuh pemeliharaan dan service panel listrik yang dilakukan oleh tenaga ahli profesional seperti dari Sewatama yang berkembang dan bekerja di bidang pertambangan serta energi terintegrasi sehingga kemampuan para pegawainya tidak diragukan lagi dan kompeten.

Dalam pemeliharaan panel listrik, terdapat 4 jenis pemeliharaan. Pertama adalah predictive maintenance/conditional maintenance. Pemeliharaan ini dilakukan dengan memprediksi kondisi peralatan listrik misalnya kemungkinan peralatan listrik gagal atau tidak bisa berfungsi dengan baik. Dengan prediksi tersebut, maka bisa mencegah kerusakan sejak dini. Jenis pemeliharaan ini umumnya untuk memonitor kondisi secara online dan butuh peralatan dan tenaga ahli kompeten untuk memeriksanya.

Kedua adalah preventive maintenance/time base maintenance. Pemeliharaan ini dilakukan untuk mencegah peralatan yang secara mendadak tidak bekerja seperti seharusnya dan agar kerja panel listrik bisa lebih optimal sesuai dengan usia dari komponen panel listrik tersebut. Pemeliharaan ini dilaksanakan secara berkala dan berpedoman pada instructional manual pabrik, standar yang sudah ada dan juga pengalaman operasi di lapangan sehingga pemeliharaan ini harus dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli atau kompeten.

2 jenis pemeliharaan dan service genset 24 jam beserta panel listrik yang harus dilakukan agar bisa bekerja dengan optimal adalah:

  • Corrective maintenance yang merupakan pemeliharaan yang dilakukan berkala di waktu tertentu ketika panel listrik tersebut mengalami penurunan fungsi atau mengalami kelainan sehingga panel listrik bisa digunakan secara optimal. Pemeliharaan ini tidak hanya untuk perbaikan namun juga untuk penyempurnaan instalasi.
  • Breakdown maintenance yang merupakan suatu pemeliharaan panel listrik yang dilakukan ketika terjadi kerusakan yang tiba-tiba di waktu yang tidak bisa ditentukan yang disebabkan karena berbagai macam faktor. Pemeliharaan ini dilakukan dalam kondisi yang darurat sehingga panel listrik bisa berfungsi dengan baik dan optimal seperti sebelumnya.