Inilah 3 Ramuan Alami Yang Dapat Mengatasi Batuk Secara Efektif

Batuk Tak Sembuh Lebih Dari 2 Minggu? Hati-hati Kena TBC

Siapa sih orang di dunia ini yang tidak pernah mengalami sakit batuk? Ya, bisa dipastikan, bahwa setiap orang di dunia ini pasti pernah mengalami apa yang namanya batuk. Penyakit yang satu ini memang tidak pandang bulu, yang dapat menyerang anak-anak, remaja, hingga orang tua. Bahkan, penyakit batuk dapat menyerang kapan saja dan dimana saja.

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya penyakit batuk seperti faktor polusi, masuk angin, sering mengonsumi minuman dingin, dan masih banyak lagi. Selain itu, penyakit batuk juga ada yang dikategorikan berbahaya dan ada juga yang tidak berbahaya. Mau berbahaya atau tidak, tentu saja kita wajib mengobati penyakit yang satu ini hingga tuntas. Dikutip dari artikel kesehatan terbaru hari ini, ada 3 ramuan alami yang dapat mengatasi batuk secara efektif. Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Menggunakan Jeruk Nipis dan Madu

Bahan alami pertama yang dapat mengatasi batuk secara efektif, yakni dengan menggunakan jeruk nipis dan madu. Mengenai cara penggunaannya, siapkan buah jeruk nipis secukupnya, lalu peras airnya. Campurkan madu kedalam air perasan jeruk nipis tersebut, lalu minumlah ramuan tersebut sampai habis. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Menggunakan Daun Sirih

Selain jeruk nipis dan madu, daun sirih juga merupakan salah satu ramuan alami yang dapat mengatasi batuk secara efektif. Cara membuat ramuannya, siapkan 6 lembar daun sirih lalu cuci sampai bersih. Setelah itu masukan kedalam panci yang sudah berisi air, lalu rebus hingga airnya mendidih. Jika airnya sudah mendidih, segeran angkat dan tiriskan kedalam gelas. Minumlah air rebusan daun sirih it selagi masih hangat.

  1. Menggunakan Daun Kemangi

Masih seputar dedaunan, daun kemangi juga dipercaya mampu mengobati penyakit batuk secara efektif. Kita langsung saja ke cara pembuatan ramuannya, siapkan 3 lembar daun kemangi yang masih segar, kemudian rebus hingga airnya mendidih. Minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat. Dengan demikian, maka penyakit batukmu akan mereda dan berangsur-angsur sembuh.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 3 bahan alami yang dapat mengatasi batuk secara efektif. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Akhir kata cukup sekian, dan selamat mencobanya.