Ini Dia Beberapa Tips Simple Dalam Mengatur Keuangan

Supaya Nggak 'Bokek', Ini 5 Cara Pulihkan Keuangan Pasca Lebaran

Orang mana sih di dunia ini yang tidak butuh dengan apa yang namanya uang? Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa uang merupakan salah satu benda yang paling dicari-cari oleh semua orang. Dengan demikian, maka tak heran jika banyak orang yang rela melakukan cara apapun demi mendapatkan uang. Bahkan, tak sedikit dari orang-orang yang sudah diperbudak oleh uang. Tentu saja kita jangan sampai termasuk orang-orang yang diperbudak oleh uang, meski pada dasarnya kita memang membutuhkan uang.

Uang itu sifatnya seperti air yang mengalir ke tempat yang lebih rendah, artinya uang itu sangat mudah sekali dibelanjakan untuk sesuatu yang kamu inginkan. Apalagi ditambah dengan sifat konsumtif, maka uang akan cepat habis begitu saja. Untuk itu kamu perlu cara untuk mengatur keuangan supaya tidak cepat habis. Secara kebetulan juga, pada ulasan kali ini akan bahas tentang tips mengatur keuangan yang simple. Oleh karena itu, simaklah baik-baik :

  1. Buat Perencanaan Keuangan

Tips simple pertama yang harus kamu lakukan dalam mengatur keuangan, yakni dengan membuat perencanaan keuangan. Hal ini dilakukan supaya kamu mengetahui keluar masuknya uang, sehingga kamu bisa mengontrol laju uang supaya tidak cepat habis. Disini kamu bisa mencatat berapa uang yang masuk perbulannya, serta mencatat biaya pengeluaran perbulannya. Dengan begitu, kamu juga bisa mengetahui biaya-biaya pengeluaran apa saja yang harus diprioritaskan.

  1. Jauhi Sikap Konsumtif

Seharusnya kamu kalau mau membeli sesuatu, belilah barang yang emang kamu butuhkan, bukan membeli barang yang kamu mau atau membeli barang karena ada diskon besar sehingga kamu membelinya walaupun kamu tidak butuh-butuh amat dengan barang tersebut. Untuk itu jauhilah sikap konsumtif, karena sikap konsumtif bisa merugikan kamu.

  1. Berinvestasi

Daripada kamu menghambur-hamburkan uang, lebih baik uang tersebut diinvestasikan. Baik diinvestasikan dalam bentuk suatu usaha sendiri, atau usaha yang dikelola oleh orang lain yang kita percayai. Dengan begitu, bukan tidak mungkin bahwa keuangan kamu akan lebih tertata lebih baik lagi.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya bagi kita semua. Sebenarnya, masih banyak lagi tips-tips mengatur keuangan yang belum tersampaikan.