Sedang Sembelit? Atasi Dengan Cara Alami Berikut Ini

Hasil gambar untuk Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar adalah suatu masalah atau gangguan pencernaan yang sangat umum terjadi. Sembelit itu sendiri adalah suatu kondisi dimana BAB menjadi keras, susah dikeluarkan dan terasa sakit bila dikeluarkan. Tentu saja untuk mengatasinya perlu dilakukan upaya agar feses menjadi lebih lunak. Upaya ini harus dilakukan sesegera mungkin supaya sembelit bisa segera sembuh.

JIka pada luka bakar Anda bisa membuka https://www.goapotik.com/promo/obat-luka-bakar-paling-ampuh-dan-obat-luka-bakar-parah untuk mendapatkan obatnya, maka jika Anda mengalami sembelit, Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengatasinya. 

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

  1. Konsumsi Minyak Zaitun

Cara yang pertama ialah dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Minyak zaitun ini mempunyai kemampuan membuat feses jadi lebih lunak. Tetapi jika Anda tidak suka mengkonsumsinya secara langsung, Anda bisa mencampurkan minyak zaitun tersebut dalam segelas air jeruk atau susu. Atau bisa juga dicampurkan dengan salad. 

Harap diperhatikan, untuk ibu hamil dan anak-anak, sebaiknya jangan menggunakan cara yang pertama ini. Jika memang ingin mencobanya, konsultasikan dulu dengan dokter. 

  1. Konsumsi Makanan Prebiotik dan Probiotik

Cara lain untuk mengatasi sembelit ialah dengan mengkonsumsi makanan prebiotik seperti pisang dan bawang bombay. Hal ini disarankan karena serat dalam makanan prebiotik tersebut bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga keseimbangan bakteri baik yang ada di usus Anda. 

Dan selain mengkonsumsi makanan prebiotik, sebaiknya Anda dampingi juga dengan mengkonsumsi makanan probiotik. Makanan ini berperan dalam hal meningkatkan jumlah bakteri baik yang ada di usus Anda. Selain itu, probiotik juga bisa membantu melunakkan feses serta meningkatkan frekuensi buang air besar. 

  1. Makan Serat Lebih Banyak

Salah satu obat sembelit dan susah buang air besar alami ialah kandungan serat yang ada dalam makanan. Karena biasanya, sembelit terjadi saat Anda kekurangan makanan berserat. Maka dari itu, Anda perlu menambah asupan serat ini supaya usus bisa lebih mudah berkontraksi dan memindahkan feses menuju rectum. 

Tak hanya itu saja, serat ini juga akan membantu membuat feses menjadi lebih lunak, sehingga bisa lebih mudah dikeluarkan. 

Selain dengan melakukan berbagai hal di atas, jangan lupa untuk mengkonsumsi cairan yang banyak dan berolahraga atau aktifitas fisik. Semoga informasi di atas bisa membantu mengatasi masalah sembelit Anda ya.