CARA MENGENALI BARANG ORIGINAL

Product Image

Belanja online kini telah menjadi aktivitas atau habbit masyarakat zaman modern. Disamping lebih praktis, kita bisa melihat berbagai macam produk yang ingin kita lihat tanpa harus berpergian. Berbagai macam barang yang ditawarkan terkadang kita sulit membedakan barang tersebut original atau palsu. Saat ini masih banyak terjadi kasus penipuan online, mulai dari perbedaan kualitas barang dari yang dipajang dengan yang dikirim, barang yang diterima berbeda, hingga barang bermerek yang ternyata palsu. Akibat dari ini, kita sebagai konsumen akan merasa dirugikan karena barang tidak sesuai ekspektasi atau palsu. Untuk itu kami akan berikan tips mengenali baju lebaran 2020 original agar kamu tidak tertipu. Yuk simak tips nya !

  • Harga

Pertama adalah kamu bisa mengecek harga pada barang tersebut. Biasanya barang yang asli harganya akan sama dengan harga yang berada di toko fisik. Kamu jangan sampai tergiur dengan harga yang murah karena belum tentu barang tersebut original. Kamu bisa mengecek harga asli pada situs resmi dan bandingkan dengan situs marketplace. Biasanya harga tidak terlalu berbeda jauh.

  • Tag atau label

Biasanya produk original memiliki label yang khas atau hologram yang tidak bisa ditiru oleh barang palsu. Penyimpanan label atau tag pada barang pun akan mempengaruhi keaslian produk itu karena biasanya barang asli akan terlihat presisi saat menempelkan barang atau tag pada produk/barang tersebut.

  • QR Code

Ada beberapa barang yang menampilkan QR Code ini ditujukan untuk mengecek keaslian barang tersebut. Sebenarnya kita bisa mengecek barang apapun melalui QR/Bar Code Scanner. Baik itu produk mainan, kosmetik, makanan, fashion, hingga barang-barang elektronik. Setiap barang akan selalu ada Bar Codenya dengan tujuan pengawasan, distribusi, informasi harga dll. Lebih beruntung lagi kalau kita menemukan produk yang juga ada QR Codenya. Intinya sebelum kita membeli suatu barang, kalau curiga ada yang salah atau ga beres dengan barang tersebut, ambil HP, buka QR/Bar Code scanner, langsung scan.

karena barang yang mempunyai QR Code bisa kamu scan melalui aplikasi smartphone kamu yang terintegrasi oleh situs resmi dan akan muncul pesan bahwa barang tersebut original

  • Perbandingan display

Untuk barang seperti pakaian atau sepatu, kamu bisa membandingkan detail dari barang tersebut. Misalnya kamu bisa mengakses situs resmi barang yang hendak kamu beli lalu bandingkan dengan barang yang akan kamu pilih di online store. Lihat se detailnya mulai dari jahitan, sablonan, hingga logo pada merk tersebut. Karena biasanya akan terlihat barang tersebut asli ketika kamu membandingkan display pada situs resmi dengan yang ada di online store.

  • Marketplace Platform

Belanja online di marketplace bisa menjadi salah satu alternatif yang aman. Marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia adalah dua contoh dari banyaknya marketplace di Indonesia saat ini. Platform semacam ini menawarkan metode pembayaran yang aman, dimana uang yang telah dibayarkan, baru akan diberikan kepada toko penjual bila barang yang diterima sesuai dengan yang di pesan. 

Marketplace tidak secara langsung memonitor setiap transaksi jual beli yang terjadi pada website mereka, tetapi dengan sistem yang bagus tersebut, keamanan baik untuk pembeli dan penjualnya sendiri lebih terjamin. Ini menjadi salah satu cara mencegah barang palsu di jual sebagai yang asli. Lain halnya bila pada deskripsinya jelas-jelas disebutkan kalau barang yang mereka jual adalah tiruan.