Tempat Wisata Yang Ada Di Palangkaraya

Hasil gambar untuk Taman Nasional Tanjung Puting

Sebagaimana yang kita ketahu bersama, baru-baru ini sedang hangat-hangatnya berita seputar pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya. Namun kali ini tidak akan membahas tentang hal itu, namun akan membahas tentang beberapa tempat wisata yang ada di Palangkaraya. Lalu apa saja objek wisata yang ada di Palangkaraya?

  1. Taman Nasional Tanjung Puting, Pangkalan Bun

Bagi anda yang pernah menonton film Anaconda dan tertarik untuk menyusuri sungai di pedalaman hutan. Anda tidak usah jauh-jauh pergi ke hutan Amazon, karena di Indonesia juga ada yang seperti itu, yakni di Taman Nasional Tanjung Puting, Pangkalan Bun, Palangkaraya. Dimana, di tempat wisata ini memungkinkan anda untuk mengunjungi lokasi rehabilitasi orang utan di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Pondok Ambung, dan Camp Leakey sembari menyusuri Sungai Sekonyer. Selama 3 hari 2 malam, anda akan tinggal di perahu kelotok (perahu tradisional Kalimantan yang memiliki kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, dapur, dan vieweing deck. Disana para pemandu akan berbagi informasi seputar kehidupan orang utan dan habitatnya di Taman Nasional Tanjung Puting.

  1. Jembatan Kahayan

Untuk menjelajahi Palangkaraya anda bisa memulainya dari Jembatan Kahayan yang berjarak sekitar 14 km dari Bandar Udara Tjilik Riwut. Dimana, jembatan yang membentang di atas Sungai Kahayan ini memiliki panjang sekitar 640 meter dan lebar 9 meter. Dengan melintasi jembatan ini, anda bisa melihat kehidupan masyarakat asli Kalimantan Tegah yang masih sangat tergantung dengan keberadaan sungai. Setelah melintasi Jembatan Kahayan, anda juga bisa mampir ke tempat wisata yang berada di samping jembatan, yakni Taman Pasuk Kameluh. Taman kota ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Selain ada masjig mewah dengan kubah kerucut, di tempat ini juga terdapat Tugu Soekarno.

  1. Dayak Pasir Panjang, Pangkalan Bun

Mengunjungi Kalimantan Tengah tentunya tidak akan lengkap jika belum melihat rumah adat masyarakat Dayak. Di Pangkalan Bun ini ada replika yang memang dibangun dan dirawat untuk menjadi tempat wisata. Selain itu, rumah adat ini juga menjadi pusat upacara adat, acara kesenian, dan pertunjukkan tari adat yang sering dilakukan oleh masyarakat Pasir Panjang.

Penasarankan? Nah supaya tidak penasaran anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di atas untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved