Berikut Ini Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Bingung Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Masa New Normal Ini 7 Tips Mudahnya

Biasanya banyak orang yang menghabiskan uang yang diperolehnya dengan berfoya-foya. Tentunya hal ini tidak baik untuk keuangan anda nantinya. Sehingga anda harus mengatur keuangan anda dengan baik.Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang cara mengatur keuangan pribadi sebagai berikut :

  1. Rencanakan Belanja Bulanan Secara Matang

Jika anda ingin membeli sesuatu belilah barang yang memang anda butuhkan, bukan karena keinginan atau ada harga diskon. Jika anda membeli sesuatu karena keinginan atau harga diskon, hal tersebut bisa membuat terjadinya pemborosan uang. Lebih baik anda dalam menggunakan pendapatannya dengan membuat rencana belanja bulanan secara tertulis. Gunakan uang anda sesuai dengan rencana belanja bulanan anda. Sehingga ketika sudah waktunya membeli apa yang dibutuhkan, anda sudah memiliki budgetnya. Namun perlu anda ingat, jangan pernah menggunakan uang melebihi anggaran belanja yang sudah anda susun, karena uang sisanya sudah dialokasikan untuk biaya lainnya. Dengan cara membuat anggaran belanja ini, anda bisa terhindar dari melakukan pemborosan uang.

  • Kontrol Kartu Kredit Yang Anda Miliki

Dengan menggunakan kartu kredit memang anda bisa membeli semua barang yang anda inginkan dengan mudah. Dan kartu kredit ini bisa membantu anda untuk mengelola keuangan rumah tangga, jika penggunaannya dilakukan secara cerdas dan bijaksana. Misalnya anda menggunakan kartu kredit ini untuk membeli barang yang memang anda butuhkan. Namun sebaliknya, jika anda menggunakan kartu kredit ini dengan tidak benar, justru akan membuat anda terjebak dalam utang jangka panjang. Karena kebiasaan menggunakan kartu kredit sembarangan akan membuat boros dan akan berdampak yang serius pada keuangan rumah tangga anda.

  • Mencari Penghasilan Tambahan

Walaupun sudah bekerja, anda bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk mencari penghasilan tambahan. Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya menjual pulsa, jualan online, jualan rokok, dan lain sebagainya. Yang penting bisnis tambahan tersebut tidak mengganggu pekerjaan anda di kantor. Dengan adanya penghasilan tambahan tersebut, pendapatan anda juga bisa bertambah.

  • Membeli Barang Yang Masih Layak Pakai

Dengan membeli barang bekas yang masih layak pakai atau barang bekas dengan kondisi seperti barang baru, bisa membantu anda untuk lebih berhemat. Karena dengan begitu, anda bisa membeli suatu barang walaupun bekas tetapi seperti baru dengan harga yang lebih murah dibandingkan membeli barang baru yang harganya jauh lebih mahal. Maka dari itu, sebaiknya anda membeli barang bekas dengan kondisi yang masih bagus di toko barang bekas, pasar loak, maupun toko online.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved