Doa Meminta Keturunan

Doa Nabi Ibrahim Memohon Keberkahan Amal Ibadah, Rumah dan Keturunan

Pernikahan adalah sesuatu yang sakral bagi seseorang. Karena pernikahan ini merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah Subhana Wa Ta’ala, dan mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa sallam yang dilakukan berlandaskan keikhlasan dan tanggung jawab. Ada banyak manfaat yang didapatkan dari menikah ini, salah satunya adalah untuk memiliki keturunan sebagai penerus keluarga. Rasanya belum sempurna sebuah pernikahan tanpa kehadiran sang buah hati di tengah-tengah keluarga. 

Dalam hal ini, Imam Al-Qurthubi rahimahullah berkata : 

“Tidak ada sesuatu yang paling menyejukkan mata seorang mukmin dibanding ia melihat istri dan anak-anaknya taat kepada Allah Azza Wa Jalla.”

Ada beberapa pasangan beruntung yang bisa mendapatkan keturunan yang dinanti-nanti dengan mudah. Namun, tidak sedikit pasangan yang sudah lama menikah tapi tidak kunjung diberi keturunan. Walaupun pasangan tersebut sudah melakukan berbagai usaha secara maksimal untuk mendapatkan keturunan, mulai dari pengobatan tradisional, melakukan hubungan seks dengan berbagai posisi, mengunjungi dokter spesialis, hingga melakukan proses bayi tabung. 

Namun demikian anda jangan pesimis untuk memiliki keturunan. Teruslah berusaha semaksimal mungkin dan jangn lupa untuk selalu berdoa. Karena kita sebagaimana manusia hanya dituntut untuk berusaha sedangkan hasilnya dikembalikan kepada Allah. Jika Allah berkehendak maka anda akan segera memiliki keturunan yang selama ini diidam-idamkan. 

Berikut rangkuman doa meminta keturunan yang tercantum di dalam Al Quran :

  • QS Al Furqan (25) : 74

Artinya : “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa.”

  • QS Ali Imran (3) : 38

Artinya : “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar Doa.”

  • QS. As Saffat (37) : 100

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang sholeh.”

  • QS. Al Anbiya (21) : 89

Artinya : “Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah waris yang paling baik.”

Keajaiban Doa Nabi Ibrahim

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang sholeh.” QS. As Saffat (37) : 100

Itulah doa minta keturunan yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS. Doanya cukup singkat sehingga sangat mudah untuk dihafal. Allah Azza Wa Jalla mengabulkan doa tersebut dan menganugerahi Nabi Ibrahim seorang putra yang sholeh padahal usia beliau sudah tua. 

Keajaiban doa Nabi Ibrahim ini diterangkan oleh Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar.

“Dalam cita-cita yang menyediakan hidup untuk menyerahkan diri kepada Allah Subhana Wa Ta’ala itu, ada satu hal yang sangat mendukakan hati Ibrahim. Yaitu sudah lama menikah belum juga dikaruniai anak. Sebab itu dia menyampaikan permohonan doa kepada Allah Subhana Wa Ta’ala : “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shalih.”

Nabi Ibrahim memohon agar Allah Subhana Wa Ta’ala memberinya keturunan. Karena sudah lama bernikah namun belum juga memiliki anak. Bertahun-tahun dia menunggu putra, naum tidak kunjung hamil. Dan ternyata diketahui bahwa istrinya Sarah mandul sehingga tidak hamil-hamil. Akhirnya dengan persetujuan Sarah, Nabi Ibrahim menikah lagi dengan Hajar. Dalam usia 86 tahun, akhirnya Hajar bisa memberikan keturunan seorang anak laki-laki yang diberi nama Ismail. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang doa meminta keturunan semoga ada guna dan manfaatnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved