Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Bagi UMKM

Gambar sampul

Sudah tahu tentang dasar-dasar akuntansi UKM untuk bisnis? Akuntansi usaha kecil menengah (UKM) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mencatat semua pendapatan dan pengeluaran secara akurat. Dengan dilakukannya pencatatan keuangan yang terperinci tersebut dapat membantu pemilik usaha melacak dan mengelola keuangan secara tepat dan efektif.

Selain untuk mengetahui besarnya pendapatan dan pengeluaran dalam satu periode, pencatatan akuntansi usaha kecil menengah juga dapat memudahkan pengusaha mengetahui kinerja perusahaan. Nah, bagi Anda yang sekarang ini sedang menjalankan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berikut dasar-dasar akuntansi yang perlu diketahui.

Menganalisis Transaksi Keuangan

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam proses keuangan UKM yaitu dimulai dengan menganalisis transaksi dan memasukkan hal yang berkaitan dengan entitas bisnis. Misalnya saja, untuk pinjaman yang diambil untuk urusan pribadi tidak boleh dimasukkan dalam dokumen bisnis.

Perlu diketahui, langkah pertama dari proses akuntansi yaitu persiapan dokumen sumber. Fungsi utama dokumen sumber ini yaitu sebagai dasar untuk mencatat transaksi yang dilakukan perusahaan.

Membuat Jurnal

Langkah selanjutnya dalam membuat akuntansi UKM yaitu membuat jurnal. Jadi setiap transaksi bisnis yang dilakukan wajib dicatat ke dalam jurnal. Untuk pencatatannya wajib diurutkan secara kronologis dengan menggunakan sistem pembukuan jurnal ganda.

Biasanya untuk memudahkan proses tersebut, para pengusaha menggunakan jurnal khusus dan jurnal umum. Untuk jurnal khusus digunakan untuk mencatat transaksi berulang seperti pembelian, penjualan, penerimaan kas dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jurnal umum yaitu untuk mencatat transaksi yang tidak dimasukkan ke dalam jurnal khusus.

Buku Besar

Sesuai dengan namanya, buku besar merupakan kumpulan akun yang menampilkan perubahan yang dibuat pada setiap akunnya. Perubahan yang terjadi tersebut berdasarkan pada transaksi masa lalu bersama dengan saldo pada setiap akunnya.

Dalam membuat buku besar dibutuhkan ketelitian yang lebih tinggi agar tidak mengalami kesalahan dalam pencatatan. Nah, bagi Anda yang menjalankan bisnis penting menerapkan dasar akuntansi ini untuk mengelola keuangan.

Laporan Keuangan

Dasar akuntansi selanjutnya yang perlu diterapkan dalam sebuah bisnis yaitu membuat laporan keuangan. Laporan keuangan yang dimaksud di sini berkaitan dengan laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas dan juga catatan.

Nah, itulah beberapa dasar akuntansi UKM yang perlu diterapkan dalam bisnis. Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas masih ada tahapan lainnya yang perlu dipersiapkan seperti membuat neraca saldo, jurnal penyesuaian, jurnal penutup dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas akuntansi dengan mudah dan praktis, menggunakan aplikasi BukuKas bisa menjadi solusi. Pasalnya BukuKas akan membantu Anda mengurusi masalah keuangan bisnis secara lebih tepat dan rinci. Dengan hanya menggunakan satu aplikasi saja, aktivitas keuangan bisnis jual beli online ataupun offline Anda akan berjalan lancar dan tertata. Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan aplikasi BukuKas sekarang juga dan nikmati beragam fitur yang ditawarkannya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved