Belajar Bahasa Inggris dari Rumah : Kata Prefer

Kursus Belajar Bahasa Inggris Secara Online - EF Indonesia
 

Prefer merupakan salah satu kata yang  sering kita dengar dalam percakapan. Tak hanya dalam percakapan full Bahasa Inggris saja, kata ini juga biasa kita campur dalam percakapan Bahasa Indonesia. Prefer digunakan untuk menyatakan sebuah preferensi atau pilihan. Sebenarnya, bagaimana sih cara penggunaan kata ini?

Jika diartikan secara harafiah, prefer memiliki arti “lebih memilih.” Biasanya penggunaan prefer digunakan jika seseorang dihadapkan dengan dua atau lebih pilihan. Prefer dipakai untuk menyatakan sebuah preferensi atau pilihan pribadi yang tentunya bersifat subjektif. Prefer termasuk verbal transitive atau kata kerja yang membutuhkan objek. Dilansir dari Cambridge Dictionary, penggunaan kata prefer bisa ditambahkan prepositional phrase ‘to’. Walaupun perbandingan, preposisi than tidak bisa digunakan dalam penggunaan prefer.

Contoh penggunaan prefer :

  1. Prefer + noun + to + noun

Dalam bentuk pertama ini, penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris ini digunakan untuk membandingkan dua hal yang sama derajatnya yaitu sama-sama kata benda atau noun. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk noun-to-noun berikut ini:

I prefer apple to mango(Aku lebih suka apel daripada mangga)

  • Prefer + Verb-ing + to + verb-ing

Rumus kedua dalam penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris adalah digunakan untuk verb-ing. Penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris untuk verb-ing ini dimaksudkan untuk membandingkan antara dua kegiatan. Yuk kita simak penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentung verb-ing-to-verb-ing berikut ini agar lebih jelas :

Sandy prefers reading to writing (Sandy lebih suka membaca daripada menulis)

  •  Prefer + to infinitive

Penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk to infinitive ini sangat berbeda jauh dengan penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk noun-to-noun dan verb-ing-to-verb-ing teman-teman. Perbedaanya adalah penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk to infinitive ini menyatakan lebih suka untuk satu hal saja. Dalam mempelajari penggunaan prefer bentuk to infinitive ini teman-teman perlu terlebih dulu memahami rumus to ifinitive dalam dua jenis infinitive . Berikut ini contoh penggunaan prefer dalam Bahasa Inggris bentuk to infinitive :

I prefer to write a poem. (Aku lebih suka menulis puisi)

Begitulah pembahasan di atas mengenai prefer, sebenarnya ada banyak kata lagi dalam bahasa Inggris yang bisa lebih detail Anda pelajari. Carilah website atau aplikasi yang menawarkan belajar Bahasa Inggris online secara gratis dan manfaatkanlah untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrismu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved