Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadhan

3. Memberikan keberuntungan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim, karena bulan Ramadhan menyimpan banyak keistimewaan dari hari pertama hingga hari terakhirnya. Di dalam ajaran Islam, sepuluh hari pertama bulan Ramadhan adalah hari yang penuh rahmat, namun juga menjadi ujian yang sulit karena kita harus beradaptasi terhadap waktu makan dan minum. Terutama bagi anak-anak, yang kebanyakan dari mereka akan mengeluh di hari-hari pertama puasa karena tidak kuat dan meminta berbuka puasa walaupun belum waktunya. Namun agar lebih mudah dalam membiasakan anak-anak berpuasa sejak hari pertama, sebagai orang dewasa kita bisa mengenalkan keutamaan 10 hari pertama Ramadhan. Keutamaan atau keistimewaan-keistimewaan ini juga perlu untuk kita semua ketahui.

  1. Allah SWT membukakan pintu rahmat-Nya

Berkata Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

10 hari pertama bulan Ramadhan adalah hari dimana Allah akan membukakan pintu rahmat-Nya kepada setiap umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa. Mereka akan dipandang sebagai seorang yang mulia karena melaksanakan ibadah sejak awal.

  • Menjadi sosok yang mulia di mata Allah

Hamba Allah yang melaksanakan ibadah puasa di sepuluh hari pertama Ramadhan akan menjadi sosok yang mulia di mata Allah sejak awal karena melaksanakan apa yang menjadi perintah-Nya. Menjalankan ibadah di sepuluh hari pertama Ramadhan dengan konsisten akan membuat kita istiqomah menjalankan ibadah puasa sampai akhir bulan Ramadhan.

  • Bulan yang memberikan keberuntungan

Salah satu ibadah yang terkandung di dalam Al-Qur’an adalah puasa Ramadhan, dimana siapa saja hamba yang melaksanakannya akan mendapat keberuntungan. Oleh karena itu beribadah puasalah di bulan Ramadhan sejak hari pertama. Adapun setiap perintah Allah yang tertera dalam Al-Qur’an pastilah mengandung keberuntungan, kemaslahatan, kebaikan, manfaat, dan keberkahan.

  • Menjaga diri dari perbuatan buruk

Melaksanakan ibadah puasa akan mendorong kita untuk menjauhi hal-hal yang buruk agar ibadah puasa yang sedang kita jalani bisa mendatangkan keberkahan dan mendapat pahala. Menjalankan ibadah puasa sejak 10 hari pertama akan membantu kita dalam membentengi diri dari perbuatan maksiat sejak awal bulan Ramadhan.

  • Melatih diri untuk mengerjakan amal ibadah sunah

Bulan Ramadhan harus kita jadikan kesempatan untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Kebaikan yang bisa kita lakukan salah satunya adalah dengan mengerjakan amal ibadah sunah, seperti membaca Al-Quran, salat tarawih, salat witir, salat duha, dan salat tahajud.

  • Bulan Ramadhan sebagai jalan untuk memulai mendekatkan diri pada Al-Quran

Sebagai umat muslim, membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah sunnah yang harus kita banyak lakukan di bulan Ramadhan. Anjuran mengenai membaca Al Quran selama bulan Ramadan pun tertera dalam firman Allah surat Al-Bawarah (2) ayat 185 yang artinya:

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Qur’an. Tadarus Al-Qur’an berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan.”

  • Membiasakan diri untuk salat berjamaah

Ibadah shalat isya dan tarawih berjamaah adalah shalat berjamaah yang biasa umat muslim lakukan di setiap malam di bulan Ramadhan. Melaksanakan ibadah ini akan membuat kita terbiasa menjalankan shalat berjamaah. Melaksanakan shalat secara berjamaah juga akan mendatangkan pahala yang lebih besar jika dibandingkan dengan shalat sendiri. Sebagaimana dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Shalat berjamaah 27 derajat lebih utama daripada shalat sendirian.”

  • Berdzikir untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT

Dzikir adalah salah satu ibadah sunnah yang bisa kita lakukan dimana dan kapanpun selama tempat kita melakukan dzikir itu suci. Berdzikir akan membuat kita selalu teringat pada Allah SWT dan dekat dengan-Nya.

  • Bulan Ramadhan adalah bulan yang mustajab untuk berdoa

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa karena terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa, yakni ketika sedang berpuasa, ketika sahur, ketika azan berkumandang, dan saat malam lailatul qadar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved