Beli Obat Penunda Haid di SehatQ.com, Penolong untuk Menunda Datang Bulan

Obat penunda haid yang dapat digunakan adalah pil KB dan norethisterone

Obat penunda haid menjadi obat yang kerap dicari karena dianggap sebagai obat yang lumayan efektif untuk menunda datang bulan. Soalnya, meskipun merupakan sebuah hal yang normal, ada kalanya seorang wanita tetap ingin untuk menunda haid agar bisa menjalankan aktivitas tertentu secara lancar. Atau misalnya ketika ia sedang melakukan pekerjaan penting. Maka dari itu, tidak heran jika banyak wanita yang mencari referensi obat penunda haid melalui artikel kesehatan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menstruasi memang menjadi proses wajar yang bersifat alami dalam tubuh wanita. Pada periode tertentu, wanita akan mengeluarkan sel telur karena sel telur tersebut tidak dibuahi. Akan tetapi, pada waktu-waktu dan beberapa kesempatan tertentu, ada kalanya wanita berharap supaya ia sedang tidak mengalami menstruasi. Makanya, solusi yang bisa ia lakukan ialah dengan menundanya. Soalnya, jika sedang haid, bisa jadi menstruasi tersebut malah membuat aktivitas-aktivitasnya terganggu, termasuk juga ibadah yang sedang dijalankan.

Nah, untuk menunda haid, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, misalnya seperti melakukan olahraga secara lebih intens maupun menggunakan obat untuk menunda menstruasi. Obat penunda haid bisa digunakan biasanya untuk keperluan ibadah ataupun ketika kita sedang liburan. Selain itu, terdapat juga beberapa alasan yang menyebabkan wanita mencari obat penunda haid, yakni:

– memiliki masalah menstruasi, seperti haid yang berlebihan, muncul rasa sakit, dan haid berlangsung lama.

– memiliki rencana untuk bulan madu.

– memiliki keinginan untuk fokus dan konsentrasi agar bisa menghadapi ujian secara lancar.

– memiliki kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan dirinya mengalami gejala berat ketika datang bulan, misalnya saja seperti endometriosis dan anemia.

Lantas, apa saja sih obat-obat yang bisa digunakan untuk menunda haid?

Pada dasarnya, ada dua jenis obat yang kerap digunakan, yakni:

1. Pil KB

 Pil yang satu ini merupakan obat umum yang bisa kita dapatkan melalui resep dokter dan berguna untuk menunda haid. Jenis pil yang digunakan ialah pil KB kombinasi. Biasanya, pil KB sendiri merupakan pil aktif dan pil kosong. Pil aktif memiliki kandungan hormon estrogen serta progesteron untuk menekan kesuburan maupun menunda pendarahan dari haid.

Di sisi lain, pil kosong alias placebo berfungsi untuk masa rehat serta menyambung kebiasaan untuk tidak lupa mengonsumsi obat. Bukan hanya itu saja, pil kosong juga berfungsi memberikan kesempatan kepada pendarahan haid agar kembali muncul karena asupan hormon dari pil sudah terhenti. Apabila kita ingin memanfaatkannya untuk mencegah kehamilan, maka pil KB perlu dikonsumsi satu butir per hari setelah masa menstruasi selesai dan seterusnya.

Sebaliknya, jika ingin digunakan sebagai obat penunda haid, maka kita tidak mengonsumsi pil kosong setelah pil aktif habis. Jadi, kita terus menggunakan pil aktif dari persediaan obat yang ada.

2. Norethisterone

Selain pil KB, terdapat juga Norethisterone yang merupakan obat dengan kandungan hormon progesteron buatan. Obat yang satu ini berfungsi untuk mengatasi masalah pada haid. Namun, pada beberapa kasus, ada juga dokter yang menyarankan obat ini sebagai obat penunda haid. Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab haid ialah karena adanya penurunan kadar hormon progesteron pada tubuh. Nah, melalui norethisterone, penurunan kadar hormon tersebut bisa dicegah sehingga menstruasi bisa tertunda. Biasanya, obat ini perlu dikonsumsi sebanyak 3 kali per hari. Penggunaannya dimulai pada 3-4 hari sebelum waktu perkiraan menstruasi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved