Teknologi

“Inilah Cara Mudah Copy Web yang Tidak Bisa Dicopy di Chrome Android”

7
×

“Inilah Cara Mudah Copy Web yang Tidak Bisa Dicopy di Chrome Android”

Share this article

“Inilah Cara Mudah Copy Web yang Tidak Bisa Dicopy di Chrome Android”

Menyalin konten dari sebuah situs web telah menjadi kebutuhan umum dalam era digital saat ini. Namun, tidak semua pemilik situs web ingin konten mereka disalin begitu saja oleh pengunjung. Terkadang, ada beberapa fitur yang diterapkan pada halaman web untuk mencegah aksi salin-menyalin tanpa izin. Salah satu tantangan yang umum dihadapi pengguna Chrome Android adalah ketika mereka tidak dapat menyalin konten dari sebuah situs web. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan mengungkapkan cara mudah untuk menyalin konten web bahkan jika fungsi salinan terbatas.

Pengantar

Jika Anda menggunakan Chrome Android sebagai browser utama Anda, mungkin pernah mengalami kesulitan untuk menyalin teks atau gambar dari halaman web tertentu. Hal ini biasanya terjadi ketika pemilik situs menggunakan skrip JavaScript atau CSS khusus untuk melindungi kontennya dari penjiplakan yang tidak sah.

Sebagai pengguna, tentu saja Anda ingin bisa menyalin dan membagikan informasi yang berguna dari suatu situs web kepada teman atau kolega Anda. Terutama jika materi tersebut berkaitan dengan pekerjaan atau penelitian. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari beberapa metode sederhana namun efektif agar kita tetap dapat menyalin isi web tanpa harus mengubah browser atau menggunakan alat tambahan.

Cara Pertama: Menonaktifkan JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk menambahkan interaksi dan fungsionalitas pada halaman web. Namun, kadang-kadang JavaScript juga dapat digunakan untuk melarang tindakan salin-menyalin. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menonaktifkan JavaScript pada browser Chrome Android Anda.

  1. Buka aplikasi Chrome Android di perangkat Anda.
  2. Pada bilah alamat, ketik “chrome://settings” dan tekan Enter.
  3. Di bawah bagian “Privasi”, pilih opsi “Laman web”.
  4. Pilih “JavaScript” dan matikan fitur ini dengan menggeser slider ke posisi off.

Dengan menonaktifkan JavaScript, Anda akan dapat menyalin isi dari situs web yang sebelumnya tidak bisa dicopy di Chrome Android. Namun, perlu diingat bahwa beberapa fungsi situs web mungkin tidak berfungsi dengan baik tanpa JavaScript aktif.

Cara Kedua: Menggunakan Mode Baca

Jika mematikan JavaScript bukanlah solusi yang ideal bagi Anda karena ingin tetap menjaga fungsionalitas situs web, ada cara lain yang dapat Anda coba—yaitu menggunakan mode baca di Chrome Android. Dalam mode ini, semua elemen ekstra pada halaman web akan disaring sehingga Anda hanya melihat teks utama dan gambar tanpa fitur perlindungan salinan yang mengganggu.

Untuk menggunakan mode baca dalam Chrome Android:

  1. Buka halaman web yang ingin Anda salin kontennya.
  2. Tap ikon titik tiga di kanan atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih opsi “Cetak” atau “Bagikan”.
  4. Dalam layar berikutnya, pilih “Ganti ke mode baca”.

Setelah Anda mengaktifkan mode baca, konten utama dari halaman web akan ditampilkan dalam tampilan yang lebih sederhana dan mudah dibaca. Anda dapat menyalin dan membagikan teks atau gambar seperti biasa tanpa hambatan.

Cara Ketiga: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua cara sebelumnya tidak berhasil atau terlalu merepotkan bagi Anda, masih ada opsi lain yang bisa dicoba—menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menyalin konten web yang tidak bisa dicopy di Chrome Android. Berikut adalah dua aplikasi populer yang dapat dipertimbangkan:

1. Text Fairy (OCR Text Scanner)

Text Fairy adalah aplikasi OCR (Optical Character Recognition) yang sangat berguna untuk menyalin teks dari gambar atau dokumen PDF. Jika suatu situs menggunakan fitur perlindungan salinan dengan mengubah teks menjadi gambar, Text Fairy dapat membantu Anda mengubahnya kembali menjadi teks biasa sehingga dapat disalin dengan mudah.

Cara menggunakan Text Fairy:

  1. Unduh dan instal aplikasi Text Fairy dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi dan pilih opsi “Pindai Gambar”.
  3. Arahkan kamera ke teks yang ingin Anda salin atau pilih gambar dari galeri.
  4. Tunggu beberapa detik hingga teks terdeteksi.
  5. Pilih teks yang ingin Anda salin, lalu tap “Salin ke Clipboard”.

Dengan Text Fairy, tidak ada lagi konten web yang sulit untuk disalin. Anda dapat mengubah teks dari gambar menjadi teks biasa dengan cepat.

2. Google Keep

Mungkin Anda sudah familiar dengan Google Keep sebagai aplikasi pencatat catatan dan pengingat. Namun, fitur lain yang berguna dari Google Keep adalah kemampuannya untuk menyalin konten web dengan mudah.

Cara menggunakan Google Keep:

  1. Unduh dan instal aplikasi Google Keep dari Google Play Store.
  2. Buka halaman web yang ingin Anda salin kontennya di Chrome Android.
  3. Tap ikon titik tiga di kanan atas layar untuk membuka menu.
  4. Pilih opsi “Bagikan” dan pilih “Google Keep”.
  5. Di dalam Google Keep, ubah judul catatan sesuai kebutuhan dan tap “Simpan”.

Konten web akan disalin sebagai catatan pada Google Keep. Jika ada gambar dalam konten tersebut, gambar juga akan disertakan dalam catatan tersebut. Anda dapat dengan mudah mengakses ulang konten tersebut melalui aplikasi Google Keep.

Kesimpulan

Meskipun Chrome Android memiliki beberapa pembatasan saat menyalin konten dari situs web, tapi ternyata ada beberapa cara mudah yang dapat Anda coba. Mulai dari menonaktifkan JavaScript, menggunakan mode baca, hingga memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Text Fairy dan Google Keep. Dengan mengetahui cara-cara ini, Anda tidak perlu lagi khawatir tidak dapat menyalin konten web yang ingin Anda bagikan atau gunakan untuk keperluan pribadi.