Info Tips

“Triks Rahasia untuk Menyembunyikan Informasi di WhatsApp untuk Kontak Terpilih”

2
×

“Triks Rahasia untuk Menyembunyikan Informasi di WhatsApp untuk Kontak Terpilih”

Share this article

Triks Rahasia untuk Menyembunyikan Informasi di WhatsApp untuk Kontak Terpilih

Dalam era digital saat ini, aplikasi pesan instan seperti WhatsApp telah menjadi salah satu alat komunikasi paling populer di dunia. Namun, terkadang ada situasi di mana kita ingin menyembunyikan informasi tertentu dari kontak tertentu. Mungkin Anda memiliki rahasia yang ingin Anda pelihara dengan baik atau ingin menjaga privasi tertentu. Apapun alasannya, terdapat beberapa triks rahasia yang dapat membantu Anda menyembunyikan informasi di WhatsApp untuk kontak terpilih.

Trik Pengaturan Privasi dalam Profil

Salah satu trik paling dasar namun efektif adalah pengaturan privasi dalam profil Anda. Dengan ini, Anda dapat mengendalikan siapa saja yang dapat melihat informasi pribadi Anda seperti foto profil, status, dan info lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Mengatur Visibilitas Foto Profil

Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu Pengaturan atau Setelan (Settings). Pilih opsi “Akun” (Account) dan kemudian pilih “Privasi” (Privacy). Di sini Anda akan menemukan opsi “Foto Profil” (Profile Photo) yang memungkinkan Anda mengontrol siapa saja yang bisa melihat foto profil Anda.

Pilihlah salah satu dari tiga opsi: Semua orang (Everyone), Kontak Saya (My Contacts), atau Tidak Ada (Nobody). Jika Anda ingin menyembunyikan foto profil dari semua orang kecuali kontak yang ada di daftar Anda, pilih opsi Kontak Saya (My Contacts).

2. Mengatur Visibilitas Status

Selain foto profil, status WhatsApp juga bisa menjadi sumber informasi pribadi yang penting. Buka menu “Privasi” di menu “Akun” dan pilih opsi “Status”. Di sini Anda dapat memilih visibilitas status dengan opsi yang sama seperti pengaturan foto profil.

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda membatasi visibilitas status Anda hanya untuk kontak tertentu, mereka juga tidak akan dapat melihat status kontak lainnya jika mereka termasuk dalam kontak terbatas tersebut.

Trik Menyembunyikan Tanda Centang Biru dan Baca Pesan secara Rahasia

Salah satu fitur yang seringkali mengganggu privasi ketika menggunakan WhatsApp adalah tanda centang biru yang menunjukkan bahwa pesan telah dibaca. Namun, ada beberapa trik untuk menyembunyikan tanda centang biru dan membaca pesan dengan diam-diam.

1. Matikan Fitur Tanda Centang Biru

Salah satu cara termudah adalah dengan mematikan fitur tanda centang biru itu sendiri. Buka menu “Privasi” dalam pengaturan dan nonaktifkan opsi “Tanda Centang Biru” (Read Receipts). Tetapi, ketahuilah bahwa ketika fitur ini dimatikan, Anda juga tidak dapat melihat apakah pesan yang Anda kirim telah dibaca oleh kontak lain.

2. Mode Pesawat untuk Membaca Pesan

Trik lainnya adalah dengan menggunakan mode pesawat. Ketika pesan baru masuk, aktifkan mode pesawat sebelum membuka WhatsApp untuk membaca pesan tersebut. Setelah membacanya, keluar dari aplikasi dan nonaktifkan mode pesawat sebelum membuka WhatsApp lagi. Dengan melakukan ini, tanda centang biru tidak akan muncul pada pengirim meskipun Anda sudah membaca pesan tersebut.

Trik Menyembunyikan Tanggal dan Jam Terakhir Online

Selain informasi tentang foto profil dan status, tanggal dan jam terakhir online juga dapat memberikan petunjuk mengenai kapan seseorang terakhir kali menggunakan WhatsApp. Jika Anda ingin menyembunyikan informasi ini dari beberapa kontak terpilih, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Matikan Tampilkan Tanggal dan Jam Terakhir Online

Masuk ke menu “Privasi” dalam pengaturan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pilih opsi “Terakhir Dilihat” (Last Seen) dan pilihlah siapa saja yang dapat melihat tanggal dan jam terakhir online Anda dengan memilih opsi yang sesuai.

Pilihan opsi meliputi Semua orang (Everyone), Kontak Saya (My Contacts), Kontak Kecuali (Contacts except…), atau Hanya Bagi (Only Share With…). Jika Anda ingin menyembunyikan informasi ini dari kontak tertentu, pilih opsi Kontak Kecuali (Contacts except…) dan pilih kontak yang ingin Anda sembunyikan informasinya.

Trik Mengunci WhatsApp dengan Sandi atau Sidik Jari

Jika Anda ingin menjaga privasi WhatsApp Anda secara menyeluruh dan terhindar dari akses yang tidak sah, mengunci aplikasi dengan sandi atau sidik jari adalah pilihan terbaik. Berikut adalah caranya:

1. Aktifkan Penguncian Fingerprint/Sidik Jari

Buka menu “Akun” (Account) dalam pengaturan dan pilih opsi “Privasi” (Privacy). Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Kunci Sidik Jari” (Fingerprint Lock) atau “Kunci dengan PIN/Sandi” (Lock with PIN/Password), tergantung pada perangkat Anda.

Ikuti instruksi untuk mengatur sidik jari atau memilih kata sandi yang kuat sebagai pengunci aplikasi. Setelah penguncian diaktifkan, setiap kali membuka WhatsApp, Anda harus menggunakan sidik jari atau kata sandi yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Aplikasi Tertentu untuk Mengunci WhatsApp

Selain penguncian bawaan oleh aplikasi WhatsApp itu sendiri, ada juga aplikasi keamanan pihak ketiga yang dapat membantu mengunci seluruh aplikasi di perangkat Anda, termasuk WhatsApp. Beberapa di antaranya termasuk AppLock dan Norton App Lock.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunci WhatsApp dengan kata sandi, pola, atau sidik jari yang berbeda dari pengaturan bawaan WhatsApp. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan dan memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol yang lebih baik atas privasi WhatsApp Anda.

Dalam dunia digital yang semakin modern ini, menjaga privasi dan keamanan informasi pribadi sangat penting. Dengan mengikuti triks rahasia di atas, Anda dapat menyembunyikan informasi di WhatsApp untuk kontak terpilih dan meningkatkan privasi percakapan Anda. Penting untuk diingat bahwa privasi adalah hak setiap individu, oleh karena itu penting bagi kita untuk menggunakan teknologi dengan bijaksana dan bertanggung jawab.