Teknologi

“Trik Mudah untuk Menyalin Chat WhatsApp di iPhone”

2
×

“Trik Mudah untuk Menyalin Chat WhatsApp di iPhone”

Share this article

Trik Mudah untuk Menyalin Chat WhatsApp di iPhone

Dalam era digital saat ini, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di dunia. Jutaan orang menggunakan WhatsApp setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja mereka. Namun, terkadang ada situasi di mana kita perlu menyalin atau menyimpan chat penting yang mungkin berisi informasi vital atau kenangan berharga.

Trik 1: Menggunakan Fungsi Bawaan Pengarsipan Pesan

Salah satu trik mudah untuk menyalin chat WhatsApp di iPhone adalah dengan menggunakan fungsi bawaan pengarsipan pesan. Fitur ini memungkinkan Anda mengarsipkan percakapan tertentu sehingga tidak akan terhapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di iPhone Anda.
  2. Pilih chat yang ingin Anda salin dengan mengetuk dan menahan percakapan tersebut.
  3. Ketuk ikon arsip yang muncul di bagian atas layar.

Setelah Anda mengarsipkan chat tersebut, Anda dapat dengan mudah kembali ke halaman “Chats” dan temukan percakapan tersebut dalam bagian “Chats Terarsipkan”. Dengan demikian, Anda berhasil menyalin chat penting tanpa khawatir kehilangannya.

Trik 2: Menggunakan Fungsi Ekspor Chat WhatsApp

Jika Anda ingin menyalin chat WhatsApp lebih lengkap dengan semua pesan, lampiran, dan detail lainnya, Anda dapat menggunakan fungsi ekspor chat WhatsApp yang juga telah disediakan dalam aplikasi ini.

Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di iPhone Anda.
  2. Pilih chat yang ingin Anda ekspor dengan mengetuk dan menahan percakapan tersebut.
  3. Ketuk opsi “Lebih Banyak” yang muncul di bagian atas layar (ikon tiga titik vertikal).
  4. Pilih opsi “Ekspor Chat” dari menu opsi yang ditampilkan.

Setelah Anda memilih “Ekspor Chat”, Anda akan diberikan beberapa pilihan untuk mengirimkan chat melalui email atau membagikannya melalui aplikasi lain seperti Dropbox atau Google Drive. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda memilih untuk mengirimkan chat melalui email, aplikasi WhatsApp secara otomatis akan membuat file .txt terlampir dalam email tersebut. File ini berisi semua pesan dan lampiran yang ada dalam percakapan tersebut. Anda dapat membuka file .txt ini di komputer atau perangkat lain untuk melihat isi dari chat tersebut.

Trik 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fungsi bawaan pengarsipan dan ekspor chat dalam aplikasi WhatsApp, ada juga sejumlah aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda menyalin chat WhatsApp di iPhone dengan lebih mudah. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi tersebut:

1. iMazing

iMazing adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mengelola file dan data di perangkat iOS, termasuk chat WhatsApp. Dengan menggunakan iMazing, Anda dapat menyalin percakapan WhatsApp dari iPhone ke komputer dengan mudah.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silakan unduh dan instal aplikasi iMazing di komputer Anda.
  2. Buka aplikasi iMazing dan sambungkan iPhone Anda dengan menggunakan kabel USB.
  3. Pilih perangkat iPhone Anda dalam daftar perangkat yang terhubung.
  4. Pilih opsi “Apps” di panel sebelah kiri dan gulir ke bawah untuk menemukan WhatsApp dalam daftar aplikasi yang terinstal pada perangkat Anda.
  5. Klik dua kali pada ikon WhatsApp untuk membuka folder dengan file percakapan chat tersebut.
  6. Pilih semua file yang ingin Anda salin atau pindahkan, lalu seret dan lepas file-file tersebut ke lokasi yang diinginkan pada komputer Anda.

Dengan menggunakan iMazing, Anda dapat dengan mudah menyalin seluruh chat atau bagian tertentu dari percakapan WhatsApp di iPhone ke komputer dengan cepat dan aman.

2. AnyTrans

AnyTrans adalah aplikasi manajemen data iOS lainnya yang juga dapat membantu Anda menyalin chat WhatsApp dari iPhone. Aplikasi ini memudahkan transfer data antara perangkat iOS dan komputer serta mengelola konten seperti pesan teks, foto, video, musik, dan lainnya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi AnyTrans di komputer Anda.
  2. Jalankan aplikasi AnyTrans dan hubungkan iPhone Anda menggunakan kabel USB.
  3. Pilih opsi “Social Messages Manager” dari menu utama AnyTrans.
  4. Pilih opsi “WhatsApp” dari daftar aplikasi yang tersedia pada panel kiri.
  5. Pilih chat atau percakapan WhatsApp yang ingin Anda salin dan pilih opsi “Ekspor ke Komputer” di bagian atas layar.

Dengan menggunakan AnyTrans, Anda dapat dengan mudah menyalin chat WhatsApp di iPhone dan memindahkannya ke komputer dengan aman dan cepat. Selain itu, AnyTrans juga menyediakan berbagai fitur lainnya untuk mengelola data dan konten di perangkat iOS Anda dengan lebih efisien.

Dengan mengikuti trik-trik sederhana ini, Anda dapat dengan mudah menyalin chat WhatsApp di iPhone tanpa harus khawatir kehilangan informasi penting atau kenangan berharga. Cobalah salah satu trik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati kemudahan dalam mengelola chat WhatsApp Anda.