Lifestyle

“Melankolis dan Menyentuh: Mengenal Lirik Lagu ‘Holan Ho Do Hasian'”

3
×

“Melankolis dan Menyentuh: Mengenal Lirik Lagu ‘Holan Ho Do Hasian'”

Share this article

Melankolis dan Menyentuh: Mengenal Lirik Lagu ‘Holan Ho Do Hasian’

Lamentasi Dalam Melodi

Dalam dunia musik, setiap bait lirik lagu hanyalah bukan sekedar kata-kata yang disusun bersama melodi. Ada pesan dan cerita tersimpan di baliknya. Salah satunya terdapat dalam lirik lagu ‘Holan Ho Do Hasian’. Lagu dengan nuansa melankolis ini secara jujur dan berani mengeksplorasi ranah hati yang paling dalam.

Lirik Asli: Penuturan Yang Mendalam

Sebelum memahami esensi dari ‘Holan Ho Do Hasian’, penting untuk mengetahui lirik aslinya. Berikut adalah lirik lengkap dari lagu ini:

Holan ho do hasian
Di rohakki tu ho
Di hamatean sian ho
Holong rohangku tu ho.

Disimbiosis Melankolia dan Cinta

‘Holan Ho Do Hasian’ adalah penuturan yang mendalam tentang cinta, kerinduan, dan kehilangan. Ini bukan hanya tentang ungkapan hati yang merindukan kehadiran orang lain, tetapi juga simbol pembebasan terhadap rasa sakit yang mungkin pernah ada.

Pemahaman Tentang Liriknya

Lagu ini didasarkan pada emosi manusia yang paling dasar dan paling mendasar, yaitu cinta dan kerinduan. Dalam bait pertama, dengan kalimat ‘Holan ho do hasian’, penyanyi mengungkapkan bagaimana orang yang dicintai adalah satu-satunya dalam hidupnya. Dia tak bisa hidup tanpa kehadiran orang tersebut. Menggunakan terminologi eksklusif seperti ‘hasian’ untuk menunjukkan seberapa mendalam perasaan cintanya.

Ekspresi Rasa dalam Harmoni

Harmoni lagu ini membawa pendengar dalam perjalanan emosional. Melodi lagu ini mampu membangkitkan perasaan melankolis, tetapi sekaligus juga memberikan rasa nyaman dan kedamaian. Ini adalah contoh sempurna bagaimana musik dapat digunakan sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan dan emosi.

Potret Budaya Batak Dalam Lirik

‘Holan Ho Do Hasian’ bukan sekadar lagu cinta biasa. Bahkan, liriknya memberikan penegasan kuat pada nilai-nilai yang diyakini oleh komunitas Batak: penghargaan mendalam terhadap ikatan personal, nilai kekeluargaan, serta pentingnya menghargai dan merayakan cinta.

Kesimpulan

‘Holan Ho Do Hasian’ membuktikan bahwa musik bisa menjadi medium ekspresi yang efektif untuk pesan dan cerita. Dengan lirik-liriknya yang sederhana namun mendalam, lagu ini telah menjadi ungkapan universal tentang cinta dan kerinduan. Semoga dengan memahami makna di balik liriknya, kita bisa menghargai keindahan dan kekuatan musik lebih jauh lagi.