Teknologi

“Petunjuk Praktis Menghubungkan CCTV ke Layanan Indihome”

1
×

“Petunjuk Praktis Menghubungkan CCTV ke Layanan Indihome”

Share this article

Indihome telah menjadi salah satu layanan internet yang banyak diminati di Indonesia. Bagi pengguna CCTV, menghubungkan perangkat mereka ke layanan Indihome dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Namun, tidak semua orang tahu cara melakukan hal tersebut dengan benar. Berikut adalah petunjuk praktis untuk menghubungkan CCTV ke layanan Indihome.

Persiapkan Perangkat dan Koneksi Internet yang Stabil

Sebelum memulai proses penghubungan CCTV ke Indihome, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan seluruh perangkat yang diperlukan. Hal ini termasuk CCTV, kabel LAN, router, dan tentu saja layanan Indihome yang sudah terpasang. Pastikan juga bahwa koneksi internet di rumah Anda stabil untuk memastikan transmisi video dari CCTV berjalan lancar.

Mengonfigurasi Pengaturan Jaringan pada CCTV

Langkah pertama dalam menghubungkan CCTV ke Indihome adalah dengan mengonfigurasi pengaturan jaringan pada perangkat CCTV. Pastikan bahwa Anda memiliki manual pengguna dari sistem CCTV Anda agar dapat melakukan konfigurasi dengan benar. Biasanya, Anda perlu memasukkan alamat IP dari DVR atau kamera CCTV ke dalam jaringan lokal rumah Anda.

Menghubungkan Kabel LAN antara Router dan DVR

Selanjutnya, hubungkan kabel LAN dari port LAN pada router Indihome ke port LAN pada DVR atau perangkat perekam video Anda. Pastikan bahwa kabel tersebut terpasang dengan baik agar tidak terjadi gangguan saat mentransfer data dari CCTV ke server jaringan rumah Anda.

Melakukan Konfigurasi Port Forwarding pada Router

Setelah kedua perangkat terhubung melalui kabel LAN, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi port forwarding pada router Indihome Anda. Port forwarding penting dilakukan agar sinyal video dari CCTV dapat diteruskan melalui router menuju server jaringan rumah Anda tanpa hambatan.

Masuk ke Antarmuka Konfigurasi Router

Pertama-tama, buka browser web dan masukkan alamat IP default dari router Indihome Anda di bilah alamat URL (biasanya 192.168.1.1 atau 192.168.0.1). Login menggunakan username dan password admin yang biasanya tertulis di bawah atau belakang modem/router.

Lakukan Konfigurasi Port Forwarding

Cari opsi port forwarding atau virtual server di antarmuka konfigurasi router dan tambahkan aturan baru untuk meneruskan port yang digunakan oleh sistem CCTV (biasanya TCP/UDP 80 atau 554) menuju alamat IP lokal DVR/Perangkat rekam video di rumah Anda.

Jalankan Aplikasi Monitor Remote untuk Pemantauan Video

Dengan semua persyaratan teknis yang sudah disiapkan, sekarang saatnya untuk menjalankan aplikasi monitor remote pada komputer atau perangkat mobile Anda untuk memantau video secara live dari CCTV yang sudah terhubung dengan layanan Indihome.

Unduh Aplikasi Monitor Remote Resmi

Kunjungi situs resmi produsen sistem CCTV yang Anda gunakan dan unduh aplikasi monitor remote mereka sesuai dengan jenis perangkat komputer atau mobile yang dimiliki (Windows, iOS, Android). Install aplikasi tersebut sesuai petunjuk yang diberikan oleh produsen.

Konfigurasikan Aplikasi Monitor Remote dengan Informasi Akun

Buka aplikasi monitor remote setelah proses instalasi selesai lalu masukkan informasi akun seperti alamat IP public atau domain DDNS jika menggunakan fitur tersebut serta username dan password login saat mengakses DVR/CCTV secara langsung melalui jaringan lokal.