Teknologi

“Tips Praktis: Membuat Tanda Ceklis di WhatsApp dengan Mudah”

2
×

“Tips Praktis: Membuat Tanda Ceklis di WhatsApp dengan Mudah”

Share this article

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah melalui pesan teks, panggilan suara, dan video. Salah satu fitur yang berguna di WhatsApp adalah kemampuan untuk membuat tanda ceklis untuk mengetahui status pesan Anda. Membuat tanda ceklis di WhatsApp dapat membantu Anda memonitor pengiriman pesan Anda dan memastikan bahwa pesan tersebut telah sampai ke penerima. Berikut adalah tips praktis untuk membuat tanda ceklis di WhatsApp dengan mudah:

1. Memastikan Pesan Terkirim

Jika Anda ingin memastikan bahwa pesan telah terkirim ke penerima, perhatikan jumlah tanda ceklis yang muncul di samping pesan tersebut. Sebuah tanda ceklis abu-abu menandakan bahwa pesan telah terkirim dari ponsel Anda, sedangkan dua tanda ceklis abu-abu menunjukkan bahwa pesan telah sampai ke server WhatsApp. Jika Anda melihat dua tanda ceklis berwarna biru, itu artinya pesan telah dibaca oleh penerima.

1.1 Menunggu Pesan Dibaca

Jika Anda ingin memastikan bahwa pesan telah dibaca oleh penerima, perhatikan warna tanda ceklis yang muncul di sebelah kiri pesan tersebut. Tiga titik berwarna abu-abu menandakan bahwa pesannya sudah terkirim ke server WhatsApp tetapi belum dibaca oleh penerimanya. Ketika titik-titik tersebut berubah menjadi dua centang biru, itu artinya penerima sudah membaca pesannya.

2. Pengaturan Status Baca

Untuk meningkatkan privasi dan mengontrol status baca pada akun WhatsApp Anda, masuklah ke menu Pengaturan lalu geser ke bawah hingga menemukan opsi “Pengatur Privasi”. Di bagian ini, Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat info waktu terakhir dilihat serta status baca pada akun WhatsApp Anda.

2.1 Menyalakan atau Mematikan Status Baca

Jika ingin mengaktifkan atau menonaktifkan status baca secara keseluruhan untuk semua kontak di WhatsApp, cukup klik pada opsi “Baca” pada menu Pengatur Privasi dan atur sesuai preferensi Anda.

3. Menyimpan Pesanan Penting

Jika ada pesanan penting yang hendak disimpan karena alasan tertentu seperti catatan penting atau informasi penting lainnya, kita bisa menyimpannya dengan cara lama tekan (tap and hold) pada chat yang bersangkutan lalu pilih opsi ‘Simpan’ agar pesannya tersimpan secara aman sesuai keperluannya.