Teknologi

“Ini Dia Panduan Lengkap Cara Update MIUI Redmi 6 Pro!”

4

INI DIA PANDUAN LENGKAP CARA UPDATE MIUI REDMI 6 PRO!

MIUI, sistem operasi berbasis Android yang digunakan pada perangkat Redmi 6 Pro Xiaomi, terus mengalami pembaruan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna. Pembaruan MIUI tidak hanya membawa fitur-fitur baru yang menarik, tetapi juga meningkatkan kinerja dan stabilitas perangkat Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan pembaruan MIUI pada Redmi 6 Pro Anda.

Cara Memeriksa Versi MIUI

Sebelum memulai proses pembaruan, penting untuk memeriksa versi MIUI yang saat ini terpasang di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pilihan pada Redmi 6 Pro Anda.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Tentang Telepon.
  3. Pada halaman berikutnya, ketuk Opções do sistema atau Sistem.
  4. Lalu pilih Versão do MIUI atau Versi MIUI.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat melihat versi terbaru dari MIUI yang saat ini terpasang di perangkat Anda.

Cara Mengupdate Melalui Pengaturan Sistem

Jika ada pembaruan tersedia untuk Redmi 6 Pro Anda, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pembaruan melalui pengaturan sistem:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Redmi 6 Pro.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Tentang Telepon.
  3. Pada halaman berikutnya, ketuk Opções do sistema atau Sistem.
  4. Kemudian pilih Pembaruan sistem atau Atualização do sistema.
  5. Jika pembaruan tersedia, pilih Unduh dan instal. Pastikan perangkat Anda terhubung ke internet melalui Wi-Fi atau data seluler yang stabil.
  6. Setelah unduhan selesai, pilih Instal sekarang. Perangkat akan me-restart dan memulai proses pembaruan MIUI.

Penting untuk dicatat bahwa selama proses pembaruan, pastikan daya baterai perangkat Anda mencukupi. Idealnya, daya baterai harus minimal 50% atau lebih agar tidak terjadi mati mendadak saat pembaruan sedang berlangsung.

Cara Mengupdate Melalui ROM Fastboot

Jika Anda ingin melakukan pembaruan menggunakan ROM Fastboot, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama, pastikan Redmi 6 Pro Anda sudah dalam mode fastboot. Untuk masuk ke mode ini, matikan perangkat kemudian tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan hingga muncul logo Mi Bunny.
  2. Selanjutnya, sambungkan Redmi 6 Pro ke komputer dengan kabel USB yang sesuai.
  3. Kemudian buka Command Prompt atau Terminal pada komputer Anda dan ketikkan perintah fastboot devices untuk memastikan perangkat Anda terdeteksi.
  4. Unduh ROM Fastboot terbaru untuk Redmi 6 Pro dari situs resmi Xiaomi, lalu ekstrak file zip tersebut ke folder yang mudah diakses pada komputer Anda.
  5. Pada Command Prompt atau Terminal, ketikkan perintah berikut:
    fastboot rom global_image.mtz
  6. Tunggu sampai proses pembaruan selesai. Jangan mencabut kabel USB atau mematikan perangkat selama pembaruan sedang berlangsung.
  7. Saat pembaruan selesai, Redmi 6 Pro akan secara otomatis me-restart dengan versi MIUI terbaru yang sudah terpasang.

Dalam hal ini, pastikan bahwa baterai perangkat memiliki daya yang cukup agar tidak ada masalah selama proses pembaruan ROM Fastboot.

Perhatian Sebelum Melakukan Pembaruan MIUI

Sebelum melakukan pembaruan MIUI pada Redmi 6 Pro, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan data penting telah dibackup sehingga tidak hilang selama proses pembaruan.
  • Pastikan daya baterai mencukupi untuk menghindari mati mendadak selama proses pembaruan sedang berlangsung.
  • Baik menggunakan metode pembaruan melalui Pengaturan Sistem maupun melalui ROM Fastboot, pastikan Anda mengunduh versi MIUI yang paling cocok dengan perangkat Redmi 6 Pro Anda. Menginstal ROM yang tidak cocok dapat menyebabkan masalah dan bahkan merusak perangkat.
  • Jika ada file ROM Fastboot yang diperlukan, pastikan Anda mengunduhnya dari situs resmi Xiaomi untuk memastikan keaslian dan kesesuaiannya.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menikmati versi terbaru dari MIUI pada Redmi 6 Pro Xiaomi Anda. Pembaruan rutin sangat penting untuk menjaga kinerja ponsel Anda tetap optimal dan mendapatkan fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh Xiaomi. Selalu perhatikan pembaruan yang tersedia dan pastikan untuk melakukan pembaruan secara berkala.

Exit mobile version