Lifestyle

“JPCC Pilih Lirik Lagu Kita dengan Teliti”

13

JPCC Pilih Lirik Lagu Kita dengan Teliti

Memahami dan meneliti lirik lagu sebelum dipilih untuk penyembahan adalah langkah penting yang dilakukan oleh JPCC Worship dalam menciptakan suasana ibadah yang mendalam dan bermakna.

Bagi JPCC Worship, lirik lagu bukan sekadar rangkaian kata-kata, melainkan sebuah medium yang dapat menggugah hati umat dan menyampaikan pesan-pesan rohani dengan jelas dan dalam. Salah satu aspek penting dalam merancang ibadah adalah pemilihan lirik lagu dengan teliti.

Dalam proses ini, kejernihan makna lirik, kebenaran teologis, serta kesesuaian konteks ibadah menjadi pertimbangan utama. Hal ini dilakukan agar umat dapat terlibat sepenuhnya dalam penyembahan tanpa terganggu oleh ketidakjelasan atau kesalahan interpretasi.

Pemilihan Lirik Lagu: Kriteria Penting dari JPCC

JPCC Worship tidak hanya memperhatikan melodi atau aransemen musik semata dalam lagu-lagu penyembahan mereka. Mereka juga menempatkan penekanan yang kuat pada kualitas lirik yang diusung oleh lagu tersebut. Beberapa kriteria penting yang menjadi fokus dalam pemilihan lirik lagu antara lain:

Kejelasan Makna

Lirik-lirik yang mudah dipahami akan membantu umat untuk lebih menghayati pesan-pesan rohani yang ingin disampaikan. Kejelasan makna inilah yang membuat setiap bait kata memiliki kedalaman spiritual tersendiri.

Kesesuaian Teologis

Jangan disepelekan, setiap kata dalam lirik memiliki bobot teologisnya sendiri. Pemilihan lirik haruslah selaras dengan ajaran agama Kristen tanpa menyimpang atau menyesatkan umat dari kebenaran Firman Tuhan.

Konteks Ibadah

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap ibadah memiliki konteksnya masing-masing. Oleh karena itu, JPCC sangat memperhatikan keselarasan lirik dengan tema serta suasana ibadah tertentu agar kemuliaan Tuhan benar-benar terwujud.

Lagu Terseleksi: Waktu Berdoa Sebagai Contoh

Salah satu contoh penerapan teliti dalam memilih lirik lagu adalah “Waktu Berdoa” yang sering dinyanyikan oleh jemaat Gereja JPCC. Berikut adalah bagian dari lirik aslinya:

Kau hadirmu nyata di tengah kita
Memberi damai
Kupercaya kuasa prekat-MU dihidupku
Di manapun aku berada

Berharga waktuku di hadapan-MU
Menyembahkan diriku
Kau tempati hatiku dengan damai-MU
Tuk doakan orang banyak

Reff:
Waktu berdoa waktu cinta tulusku tumpahkan pada-MU Yesus Kristus tuhan jiwaku bertemu-MU waktu berdoa waktu senyum terbaikk-u tuangkan padaMu Yesus Kristus tuhanmu 

Penutup: Memuliakan Tuhan Melalui Lirik Lagu

Melalui pemilihan lirik lagu dengan teliti, JPCC berhasil menciptakan suasana penyembahan yang penuh makna dan mendalam bagi jemaatnya. Dengan menggali pesan-pesan rohani melalui kata-kata,

mereka membawa umat pada perjumpaan spiritual yang lebih intim dengan Tuhan. Sederet bait kata menjadi sarana bagi para penyembah untuk menyuarakan ketulusan hati mereka kepada Sang Pencipta.

Semoga langkah-langkah teliti ini tidak hanya menjadi inspirasi bagi gereja lainnya tetapi juga mengajak kita semua untuk lebih peduli dan memperhatikan detil-detil kecil namun penting dalam proses penyembahan kita sehari-hari.
Salam Bahagia!

Exit mobile version